Minggu, 21 November 2010

saya bahagia makan "makanan bergizi"

Bismillah...
hari ini bisa dibilang menyenangkan :)
dari kemaren memang diniatkan untuk ikut PDKT.
semacam kumpul pengurus DKM Asy Syifaa' plus ada beberapa materi yang diadakan oleh Kaderisasi DKM.
sebenarnya rada-rada malas untuk ikut training,pengennya aplikasi.udah bosan dengan teori-teori yang terkadang terlupakan begitu saja (jadi ingat percakapan dengan dokter chevy waktu ngajuin proposal delegasi ABVI)
tapi tetap saya merasa butuh untuk diingatkan.dan biasanya acara kaderisasi itu pembicaranya keren-keren dan materinya bagus.yah,jadilah hari ini diagendakan untuk itu.
manajemen konflik-organisasi-public speaking-(fundraising) ngobrol sama tazkia-training motivasi.
oh ya,satu yang saya sukai dari mengikuti acara-acara yang diadakan DKM maupun FULDFK (mengenai keorganisasian dll) karna selalu menghubungkan dengan Islam.jadi kerasa banget islam itu bisa masuk kesemua bidang.dulu,di MMLC kang deta bicara kepemimpinan yang referensi utamanya Ayat-ayat Alqur'an.ngena banget :').tadi kang fatih Beeman ngasih materi tentang public speaking.saya fikir hal yang akan dibahas sama dengan hal-hal yang diberikan mengenai public speaking diacara-acara serupa,namun jauh dari yang dibayangkan.sederhana,tapi bermakna (berasa motto hidup seseorang,hahaha).mungkin kang fatih sadar bahwa untuk jadi public speaker yang baik tidak akan bisa dicapai hanya dengan training satu hari sehingga beliau "membekali" kami dengan bekal yang tepat.dan materinya diambil dari menyitir ayat-ayat Al Qur'an.kiat-kiatnyapun bisa diaplikasikan saat ngementor :').
saat materi organisasi,si akang ketua gamais itu,memulai dengan sebuah video mengenai gamais :').video yang dibuat untuk menyambut mahasiswa baru.diakhir video ada JUSIO (just spit it out) oleh kader ikhwan gamais.latarnya seperti lantai 2 sebuah mesjid,dan sepertinya dibawah ada maba yang menyaksikan.
merasa tergerakkan oleh jusio mereka.mereka BANGGA sebagai MUSLIM.mereka BANGGA tergabung di GAMAIS sebagai "perantara" untuk menyebarkan islam keseluruh ITB.mereka menyerukan MIMPI-MIMPI mereka untuk ITB.mereka MENERIAKKAN nama ALLAH tanpa ragu :').perkataan mereka punya RUH.dan saya yang hanya menonton divideopun merasakan KEKUATAN dan PESAN yang mereka sampaikan.saya merasakan TEKAD mereka.saya tak hanya terharu,tapi ingin BERGERAK :').mereka mengutip perkataan hasan Al banna
Betapa inginnya kami agar umat ini mengetahui, bahwa mereka lebih kami cintai daripada diri kami sendiri. Kami berbangga ketika jiwa-jiwa kami gugur sebagai penebus bagi kehormatan mereka, jika memang tebusan itu yang diperlukan. Atau menjadi harga bagi tegaknya kejayaan, kemuliaan dan terwujudnya cita-cita mereka, jika memang itu harga yang harus dibayar. Tiada sesuatu yang membuat kami bersikap seperti ini selain rasa cinta yang mengharu-biru hati kami, menguasai perasaan kami, memeras habis air mata kami, dan mencabut rasa ingin tidur dari pelupuk mata kami. Betapa berat rasa di hati ketika kami menyaksikan bencana yang mencabik-cabik umat ini, sementara kita hanya sanggup menyerah pada kehinaan dan pasrah oleh keputusasaan.
dan entah kenapa saya merasa,merekapun mengalami hal itu...
saya gak tau mana dan gak sepantasnya juga mencari mana yang lebih baik,DKM atau GAMAIS ITB.satu yang saya tahu,mereka udah punya VISI 6 TAHUN yang udah dijadikan rancangan strategis dan hal yang harus dicapai setiap tahunnya.
bagaimana dengan DKM Asy Syifaa' saya y?(GDT katanya udah selesai,tapi pengennya gak hanya didivisi tarbiyah saja.karna syiar juga butuh koridor yang jelas dan target pencapaian pertahunnya.gak mungkin kan kita membangun rumah tanpa membayangkan rumah yang akan dibangun itu seperti apa?) Bagaimana dengan SENAT FK?
ternyata kita tak bisa berhenti disini,kewajiban lebih banyak dari waktu yang tersedia dan masih tersisa PR yang seharusnya dituntaskan.mudah-mudahan kita bisa meninggalkan "mimpi" untuk dilanjutkan generasi penerus kita.karena masa kita berbatas.
Fundraising,saya benar-benar nyerah sama teori yang satu ini.sudah beberapa kali dapet materinya dan gak pernah mempraktekkannya.sehingga saya memilih untuk tidak mengikutinya.*pembelaan diri*.waktu beberapa puluh menit itu digunakan untuk diskusi (baca : ngegosip :p) bareng tazkia.mulai dari mentoring,medis,DKM Asy Syifaa',kelakuan kami yang DKM coret dan beberapa kegiatan yang pernah kami lalui bersama.
nyangkut di masalah kegiatan yang pernah dilalui bersama.seperti MMLC.disana kami merasa keluar dengan banyak mimpi untuk DKM.tapi entah kenapa ketika balik ke DKM mimpi-mimpi itu menciut,entah karena kondisi DKM yang belum mungkin menerima,atau kami yang tidak memiliki lahan untuk mengaktualisasikan mimpi itu (baca: tak punya jalan untuk benar-benar bicara mengenai DKM dan mengaktualisasikannya).akhirnya mimpi tinggallah mimpi.ibaratnya,bukannya dibangunin untuk menjadikan mimpi jadi sebuah kenyataan,tapi kami disuruh tidur lagi untuk terus larut "bermimpi indah".akhirnya,2 tahun di DKM saya benar-benar tak melakukan apa-apan :'( *pengen bikin tulisan mengenai MEDIS*
saya benar tak ingin hal-hal yang dilakukan hanya sebatas konsep atau mimpi semata.tapi ada kelanjutannya.masih ingat ketika suatu saat pada suatu kegiatan kami diminta untuk bikin SWOT DKM.dan saat itu saya benar-benar hanya memikirkan DKM (saya yakin teman-teman lain juga melakukan hal yang sama).namun semacam tak ada kelanjutannya.SWOT DKM entah kemana,visi-misi DKM entah apa (ini mungkin juga krn saya yang lebih fokus ke senat,tapi inginnya sebagai pengurus juga tahu "mau dibawa kemana DKM ini".apa pencapaian yang ingin dicapai tahun ini?).tapi saya yakin para petinggi DKM mempertimbangkan hal itu dalam menyusun langkah strategis DKM tahun ini (yang tinggal beberapa hari).

Training motivasi,saya bahagia :)
role play yang dimainkan oleh 2 orang.masing-masing orang punya draft yang harus dimainkan.intinya negosiasi untuk meminta lawan bicara kita tidak memberi sesuatu barang yang kita incar untuk penelitian.masing-masing punya kepentingan yang tidak kalah penting dari lainnya.saya berusaha meyakinkan Novie untuk memberikan bula-bula (telur yang digunakan untuk penelitian virus flu kucing) itu pada saya.dan noviepun melakukan hal yang sama (dokter yang butuh telur bula-bula untuk obat kanker).setelah negosiasi dan saling mendengarkan,ternyata novie bilang dia butuh kulit telurnya.dan AHAAA yang saya butuhkan adalah kuning telurnya saja.That's the point :).ternyata kita "gak hanya sekedar" diminta untuk jadi negosiator ulung,tapi bagaimana menempatkan diri dan melihat dari kacamata lawan bicara.jadi bukan hanya MEMAKSAKAN KEHENDAK tapi berusaha MEMAHAMI kondisinya.
dan ketika sadar kepentingan masing-masing,SAYA DAN NOVIE GEMBIRA BANGET.
gak bohong,SAYA BENAR-BENAR BAHAGIA.gak tau kenapa,senang aja :).

banyak-banyak hal lagi yang ingin saya share,tp kalau bicara detail kayaknya bakalan panjang banget.jadi cukup sampai segini :D.
*oh ya ada satu hal lagi.saya sedih karena cuma sedikit pengurus yang datang diacara KEREN ini.saya merasa,Pengurus DKM harus benar-benar di UPGRADE.jadi gak hanya kerja dan kerja saja.jadi mikir kenapa banyak yang gak bisa datang.sedih juga.
sampai pada satu titik,membayangkan SEMANGKA yang diadakan tahun-tahun lalu diadakan dengan materi dan pemateri sekeren ini.sehingga kebaikan dan ilmu yang ingin disampaikan bisa meluas dan yang dapet gak lo lagi lo lagi.(smoga teman-teman saya di Kaderisasi DKM Asy Syifaa' tahun depan bisa menemukan bentukan yang lebih tepat untuk mengUpgrade pengurus DKM,jadi ilmu dan kebaikan bisa menyebar lebih massive lagi sehingga jadi bekal dalam memajukan dakwah via DKM.bantu kami ya Allah)
**satu lagi :).
menurut saya apresiasi dalam DKM butuh ditingkatkan lagi.beberapa kali ikut kepanitiaan di DKM (kayaknya ladang saya fokus di DKM ya lewat kepanitiaan2 kecil ini).dan tampaknya acara selesai berarti tanggungjawab selesai.jarang ada eval.sedikit apresiasi.
tidak ingin terjebak pada framework "kamu aktivis dakwah,jadi melakukan sesuatu itu adalah kewajiban".mungkin benar dan emang gak boleh mengharapkan pujian namun tetap sebagai manusia kita harus tahu cara berterimakasih,karena mereka sudah membantu bersama-sama berjuang dijalan ini.jadi gak kayak,melakukan tugas dengan baik mah hal yang wajar (namun gak melakukan lebih wajar lagi karena jalan dakwah ini panjang,sulit dan pengikutnya sedikit,:p)

hari ini saya makan "makanan bergizi" dan ingin berbagi :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar