Minggu, 28 November 2010

copas : Wawancara dengan Kartinah

Suatu saat saya berkunjung ke kediaman ki Joko Jodo. “Ki, saya mau minta tolong nelpon ke dunia roh, boleh?”
“Ada perlu apa?”
“Mau interview ki, penting.”
“Weladalah, gaya banget kamu le. Kamu mau wawancara siapa? Saya belum ngisi pulsa, jadi gak bisa lama-lama. Saya mau ganti provider, maklum lagi pada perang tarif. Jadi yang ini ndak saya isi lagi, Mau ganti yang lebih ngirit.”
“ Mau ngomong sama bunda kartinah ki. Bentar lagi kan mau bulan april, bulannya wanita, bulannya kartinah. Saya disuruh bos buat bikin tulisan pas hari kartinah, kepepet deadline ki.”
“O yaudah, ojo suwe-suwe lho yo. Hitungannya interlokal soalnya.” Tak lama kemudian tedengar ring back tone reff lagu ibu kita kartinah “waaahai ibu kita kartinah putri yang mulia, suuuungguh besar cita-citanya....”
” Halo?”
“Assalamualaikum, dengan raden ajeng kartinah?”
“Waalaikumsalam. Iya, ini saya sendiri, siapa ya?”
“Hilmi den ajeng. Wartawan magang dari batavia. Den ajeng ada waktu barang 10 menit? Saya kepingin wawancara sebentar.”
“Oh, wawancara ya? Dipoto ndak ya? Saya dandan sebentar ya..?”
“Lho, kan wawancaranya pake telpon den. Gimana cara motonya?”
“Oiya, lupa, hehe.. Maklum, yang saya baca di majalah2 jaman sekarang kalo wawancara selalu ada fotonya. Lagi gaya gitu, atau kalo nggak lagi di perpustakaan yang banyak bukunya”
“Ooo den ajeng mau ada fotonya. Kalo gitu nanti dikirim pake email aja den. Kan bisa di attach.” “Walah, diapakno iku. Saya ndak ngerti caranya. Nanti saya kirim pake wesel ajalah ya”
“Hah, bisa to den? Yowis, terserah aja.”
“Trus kamu mau tanya apa?”
“Saya mau tanya dikit den, soal emansipasi wanita. Sebenernya yang den ajeng mau itu kayak gimana ya? Soalnya sekarang perempuan-perempuan ngotot rebutan minta jatah kerjaan laki2. Emansipasi katanya. Bilangnya sih buat meneruskan perjuangan den ajeng.”
“Hmm..” diam beberapa saat.
“Halo? Den ajeng? Masih di situ?”
“Oiya, sori2, lama ya? Saya tadi mikir dulu. Ini agak berat soalnya kalo saya sampe salah ngomong.”
“Oiya den, ndak papa. Sayanya sih ndak masalah nunggu. Yang udah mencak2 dari tadi yang punya telpon, ki joko jodo. Pulsanya keburu habis banyak.”
“O,gitu ya. Yaudah, jadi singkatnya gini. Memang, yang dulu saya perjuangkan itu emansipasi, atau bahasa sekarangnya isu gender. Kalo ndak salah ada juga di Millenium development Goalnya PBB ya? Tujuan nomer 2 atau 3. Tapi, sayangnya banyak cucu-cucu saya di Indonesia yang kebablasan. Salah nangkep apa yang saya maksud, atau mungkin mereka memang sengaja mbajak nama saya buat pembenaran pemikiran mereka sendiri. Asli dik Hilmi, suer, saya ndak pernah ngajarin wanita buat jadi anggota DPR, apalagi sampe 30%. Saya ndak pernah nyuruh2 wanita jadi sopir, jadi orang kantoran, atau banyakan di luar rumah dari pada di dapur. Apa yang sekarang diomongin sampe berbusa2 sama si Ratna, Ayu, sama temen2nya itu beda sama yang saya pikir waktu itu.” Hening sejenak, lalu terdengar suara isak tangis di ujung telepon.
“Ada masalah den ajeng”
“Oh, maap. Saya jadi ndak bisa nahan nangis. Saya sedih banget liat cucu-cucu saya sekarang. Yang nangkep apa yang saya ajarkan bukannya perempuan Indonesia, tapi justru orang PBB, orang bule. Mungkin karna mereka lebih pinter, sedangkan orang Indonesia keminter. Hhh....jadi, emansipasi yang saya perjuangkan dulu itu sebenarnya justru mirip yang ada di millennium goal itu. Penyetaraan akses ke pendidikan. Titik. Itu saja. Saya kepingin perempuan2 indonesia itu cerdas, pintar, sekolahnya tinggi, punya banyak ilmu. Tapi bukan untuk menyaingi dan berdebat dengan laki-laki. Bukan untuk mengurus urusan laki-laki, kerjaan laki-laki. Dik hilmi, yang namanya perempuan itu adalah guru pertama buat anak-anaknya, sekolah pertama buat generasi muda. Kalo gurunya bodo, culun, katrok dan ndeso, gimana anak-anaknya mau bagus? Makannya, saya ngotot memperjuangkan akses pendidikan sampe tingkat yang paling tinggi buat perempuan. Perempuan harus pintar, biar bisa mendidik anak-anaknya. Perempuan harus pintar, biar bisa menjaga harta suaminya. Perempuan harus pintar, karna perempuan adalah tiang negara. Pemikiran ini saya sarikan dari sabda kanjeng nabi, barang siapa menginginkan dunia dan akhirat maka hendaklah dengan ilmu.” Suara mengehela napas..
“Sekarang saya tanya, kamu mau istrimu bodo?”
“Ya tentu ndak mau den.”
“Kamu mau hartamu habis gara2 istrimu ndak ngerti matematika”
“Naudzubillah den ajeng, amit2”
“Nah, itu makanya perempuan harus pinter.”
“Soal anggota DPR 30% gimana den?”
“Ah itu lagi. Saya kan udah bilang tadi. Jobdesc perempuan itu dari sananya udah beda sama laki. Tugas luar rumahan itu aslinya banyakan bagiannya laki-laki! Coba kamu bayangin, gimana orang jamanmu sekarang bisa doyan selingkuh? Karna ketemu perempuan, to! Ketemunya dimana? Ya di tempat kerja itu, di gedung DPR, di kantor, macem2lah. Makanya itu, kanjeng nabi dari dulu juga wis ngingetno kalo kita mesti jauh2 dari ikhtilat. Caranya? Ya masing2 melakukan jobdescnya. Nah, perkecualian buat hal ini adalah kerjaan2 luar yang justru memang butuh perempuan. Dokter misalnya. Itu justru wajib. Kalo nggak ada dokter perempuan, justru makin banyak peluang ikhtilatnya, karna pasien banyak yang perempuan. Makanya, dik hilmi, kalo nanti kamu dapet istri dokter, didukung karirnya! Tapi mesti diingatkan soal tugas utamanya buat menjaga keluargamu.”
“Iya den ajeng.”
“Kemarin saya di sini nonton TVRI. Saya nonton sambutannya Gede Prama waktu mbuka perayaan nyepi di Bali. Orang itu pemikirannya bagus deh. Waktu itu dia bilang, semua wanita hebat di dunia ini menaklukkan dunia justru dengan kelembutannya, dengan sifat-sifat khas wanitanya. Mulai dari Mother Theresa, siti Aisyah, ibu kartini, sampai lady Diana. Saya senyam-senyum waktu dia sebut nama saya dik. Trus, dia bilang kalo wanita ngambil kerjaan laki-laki, wanita akan jadi pohon cemara di tepi pantai yang penuh sama pohon kelapa. Aneh to??”
“Hehe....bentar den ajeng, saya coba bayangin dulu ya”
“Ah, kamu iso wae. Gak usah dibayangno, mesti aneh sing koyo ngono iku”
“Iya deng, aneh”
“Nah, jadi gitu konsep emansipasiku. Kamu nangkep kan? Dari suaranya, kayaknya kamu itu pinter soalnya.”
“Waduh, den ajeng bisa saja bikin saya ge er. Iya den, saya sudah ngerti sekarang. Besok saya akan tulis, dan saya akan sebarkan ke seluruh Indonesia raya. Biar perempuan-perempuan itu ndak salah ngerti lagi.”
“Bagus2, jadi saya ndak merasa bersalah lagi nanti. Kan repot, mau bilang apa nanti saya kalo ditanya gusti Allah, kalo semua perempuan sableng yang kelewat batas itu mengkambinghitamkan saya. Oiya, satu lagi. Sebenarnya, kalo perempuan itu mau teladan, contohlah ibunda khodijah, atau siti aisyah. Kualitas mereka jelas lebih bagus dari saya. Tapi perempuan Indonesia sekarang memang lebih kenal saya sih. Padahal, jaman saya dulu, semua kenal siapa itu siti khodijah dan aisyah. Kami berlomba untuk meneladani mereka. Mungkin karna sekarang dunia sudah dipisah2 jadi banyak negara, orang jadi cenderung nyari idola lokal, yang lebih pas buat settingannya sendiri. Tapi ndak papa, mungkin seharusnya memang bertahap. Pertama teladani saya dulu, kalo udah bisa baru teladani mereka berdua, hehe..”
“Wah,, den ajeng narsis juga ya?”
“Lhah, saya kan niru2 kamu”
“Hah, den ajeng kok tau saya narsis?? Dapet gosip darimana?”
“Dari baumu itu, kecium sampe di sini!” Tut..tut..tut
“Halo? Halo? Den ajeng kartinah?? Ki joko jodo, kok tau2 telponnya mati?”
“Walah.. semprul kamu le. Pulsanya berarti habis! Kamu sing ngentekno!”
“Waduh, sori ki. Keasyikan ngobrol”
“Yauwes, ndak apa-apa. Asal diganti wae.”
“Waduh ki, saya ndak bawa cash. Pake kartu kredit aja bisa?”
“Bisa kok, mana kartumu?”
“Ini ki”
“Ini kan KTP!”
“Ya itu ki, saya kalo mau kredit barang ninggalin KTP buat jaminan”
“Ooo.....dasar kowe! Wis, minggat sana! Sekali ini gratis. Tapi jangan sekali-kali kesini lagi kalo ndak bawa duit!”
“Oke ki. Tengkyu ya! See you!”
Saya pun pergi dari kediaman ki Joko Jodo.

Pondok Kahfi, April 2008

dicopas dari : http://hilmiology.blogspot.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar