Kamis, 04 Maret 2010

MOTIVATION LETTER MMLC

(Yaps,Motlet ini dibikinnya beberapa bulan yang lalu sewaktu mendaftarkan diri menjadi peserta MMLC dari DKM Asy Syifa' FK Unpad.awalnya gak akan dipos,tp berhubung bbrapa bulan lalu laptop tia rusak dan file-file pentingpun Raib * T_T * jadinya di Post-in aja.tulisan ini akan menjadi jejak langkah yang pernah ditinggalkan saat semangat membara dalam meng-upgrade diri sehingga standar kualitas diripun meningkat.yaah,smoga motlet ini bisa menjadi penggerak saat diri merasa letih di Jalan ini.Dan sebagai pengingat BAHWA SAYA PUNYA IMPIAN YANG HARUS DIWUJUDKAN DENGAN USAHA YANG MAKSIMAL)

Bismillah

Tidakkah kamu perhatikan bagaimana Allah telah membuat perumpamaan kalimat yang baik seperti pohon yang baik, akarnya teguh dan cabangnya (menjulang) ke langit, pohon itu memberikan buahnya pada setiap musim dengan seizin Tuhannya. Allah membuat perumpamaan-perumpamaan itu untuk manusia supaya mereka selalu ingat”(Q.S.Ibrahim:24-25)

Memahami ayat diatas dengan fikiran awam saya,memberikan gambaran tentang bentuk kepribadianya yang seharusnya dan juga menjadi salah satu tujuan diri (tarbiyah) saya.

· akarnya teguh : Pendirian yang kuat,tak goyah oleh gangguan dari luar,tapi tetap tawadhu

· cabangnya menjulang ke langit: cerdas,mempunyai keilmuan yang tinggi.selalu mengembangkan potensi yang dimilikinya.

· pohon itu memberikan buahnya: memberikan kebermanfaatan bagi sekitar.

Dan proses tarbiyah itu telah bermula dan tidak akan pernah berakhir di dunia ini,karna tidak ada kata istirahat karna sejatinya istirahat seorang muslim adalah ketika berada disisi tuhannya di surga kelak.

Di FK Unpad,salah satu bentuk tarbiyah tersebut bernama DKM Asy SYifaa’.

Tak terasa sudah setahun saya menjalani amanah sebagai salah satu pengurus DKM Asy Syifaa’.Banyak hal yang bisa didapatkan sewaktu menjalani amanah ini.Pernah mendengar sebuah statement,bahwa amanahlah yang menjaga kita.hal tersebut bukanlah bualan belaka,tapi saya sudah merasakannya dan menikmati prosesnya.

Akarnya teguh

Da’wah,satu kata ini baru saya kenal saat berada di kelas 2 SMP.benar-benar meresapi,tertarik,dan menjadi candu untuk terus menjalaninya.dan untuk bertahan dijalan ini tidak semudah mendapatkannya.

Berbicara tentang Islam dan da’wah akan selalu membuat kita rindu akan suri taulan,kekasih Allah,Rasulullah SAW.Betapa beliau bisa menyentuh hati-hati manusia dengan semua hal yang dilakukannya.Betapa saat ini umat islam merindukan juga akan sesosok pemimpin seperti beliau.Jiwa-jiwa kepemimpinan yang meletakkan kepentingan umat dan Islam diatas kepentingan pribadi seperti itu tentunya tidak didapatkan dalam jangka waktu yang sebentar dan dengan cara yang “biasa”.Rasulullah yang diangkat menjadi Rasul pada usia 40 tahun,kemudian “di tempa” langsung oleh Allah SWT.Beliau diajarkan membaca Al-qur’an oleh malaikat jibril,turunnya wahyu secara bertahap,ataupun periode dan cara berda’wah yang berbeda-beda.saya mengambil sebuah pelajaran dari sana bahwa segala sesuatunya itu butuh proses,bertahap dan berkesinambungan.

Seperti diri saya yang berniat mengikatkan diri di jalan ini,saya bertekad untuk terus memproseskan itu semua.kemajuan pada dasarnya akan dialami setiap manusia,namun sejauh mana kemajuan itu terus berlanjut dan sebesar apa porsi kemajuan itu balik lagi kepada usaha orang tersebut.dan MMLC ini saya harapkan bisa menjadi momentum bagi saya untuk meningkatkan diri dan memperluas wawasan.karna menurut saya,sebuah perbaikan diri pada dasarnya tergantung kepada diri sendiri namun terkadang kita butuh momentum untuk menjalankannya.MMLC,semoga ini salah satu momentum tersebut.

Besar harapan untuk menggali lebih dalam mengenai kepemimpinan seorang muslim.mungkin bisa dipelajari dari sirah nabi,tapi saya ingin merasakan proses tersebut di MMLC ini.

Tentunya apa yang nantinya didapatkan di MMLC ini,akan berusaha untuk di applikasikan di manapun saya berada,termasuk DKM Asy Syifaa’ sebagai kontribusi untuk kemajuan DKM.meski saya tidak akan menjadi seorang pemimpin disana itu tidak mengurangi antusias untuk mengikuti acara ini.karena kita telah diciptakan untuk menjadi khalifah di bumi ini,sudah saatnya saya berproses kearah itu.dan berawal dari memimpin diri sendiri.

cabangnya menjulang ke langit

Da’wah yang akan dijalankan tentunya tidak hanya berbekal keinginan dan kemauan yang kuat saja,tetapi juga butuh ilmu.pemahaman yang mendasar mengenai da’wah dan islam itu sendiri. kecerdasan Aisyah r.a yang berlandaskan keimanan yang tinggi kepada Allah SWT,semoga hal itu tidak hanya sekedar menjadi sejarah,tetapi membakar semangat para muslimah untuk terus-menerus mencari ilmu.dari sekian banyak muslimah yang berilmu dan memperjuangkan islam,saya berharap dari waktu kewaktu semakin bertambah jumlahnya dan nama saya terpatri sebagai salah satu muslimah tersebut.tanpa mengharapkan penghargaan manusia .

Kemudian pohon itupun memberikan buahnya

Mengabdi,memberikan kebermanfaatan dimana saja.salah satunya di DKM Asy Syifaa’.sebaik-baik manusia adalah yang banyak memberi manfaat bagi orang lain, kata Rasulullah SAW.dan mungkin ini menjadi aktualisasi diri saya nantinya.

Asy Syifaa’ keluarga saya,tempat saya berpulang,tempat saya berkembang dengan mengembangkan potensi orang lain.

Semua hal diatas tentunya sudah diproseskan secara bertahap.dan saatnya MMLC menjadi bagian dari proses tersebut.semoga ukhuwah yang nantinya terjalin akan memberikan banyak masukan baru bagi diri saya dan nantinya akan mendapatkan sebuah pengalaman baru.

(Saat ini staffing DKM Asy Syifa' telah selesai.saya diamanahkan di Departemen Medis. Untuk proses kebermanfaatan yang Insya Allah tak akan ada ujungnya)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar