Jumat, 10 April 2009

IBU ITU....

Bismillah...
Hari ini saatnya bertugas jadi pemantau pemilu,
Allah sepertinya mengamanahkanku untuk memantau didaerah Hegarmanah yang sama sekali tidak terlintas didalam fikiranku sebelumnya.hal itu tercetus saat berbincang dengan ibu penjual pulsa pagi ini.
Yah,,mulai menjalankan tugas setelah meminta izin.Berdiri,bolak-balik kaya' setrikaan,,pokoknya harus benar2 memperhatikan jalannya pemilihan ini.
kualihkan pandangan kepada para pemilih karna bosan.
lalu kuperdekat jarak pandangku..melihat lurus kedepan
Ibu itu,,kenapa?
beliau terlihat begitu capek.umurnya seperti >55 tahun.badannya gemuk,,nafasnya tersengal-sengal.terlihat raut kesakitan diwajahnya,tergambar betapa sesaknya dadanya yang naik turun dengan cepat.tangannya memegang kakinya.yang mengindikasikan kalau kakinya juga ikut2an sakit.
sesaat seakan2 terlintas raut ibu-ibu yang kuhadapi saat balai pengobatanTapi,apakah motif ibu ini kesini juga untuk berobat?
tentu saja nggak.karna ditangannya tergenggam kartu C4.dan sejak kapan coba TPS berubah menjadi area pengobatan?
sesaat fokusku sebagai pemantau terabaikan
Eh,ada yang menghampiri ibu itu.sepertinya itu rekan sebaya sang ibu.tapi,umurnya kelihatan lebih tua dengan perawakan kecil.
Dengan penuh kasih sayang beliau menggandeng tangan si ibu ( dibantu pak satpam) untuk memilih.aku gak bisa berbuat apa-apa,karna pemantau gak diizinin untuk memasuki area TPS.
yah,,mantau lagi
terdengar suara ibu2 dan bapak2 yang sibuk mengomentari partai yang banyak dengan calg yang gak begitu jelas identitasnya.
terdengar juga bisik-bisik ibu-ibu yang bingung mau milih siapa.
Eh,,Ibu yang tadi keluar lagi.
Tapi,kulihat dadanya turun naik semakin cepat dan beliau semakin mencengkram Kakinya.Beliau kembali duduk dihadapanku yang memandangnya haru.
temannya mengambilkannya air minum..yah,sepertinya si Ibu sudah lumayan agak baikan.
kulanjutkan lagi pemantauanku.dengan kepala yang penuh dengan fikiran (teman,,semoga fikiran kita sama)
ya,pertama,,kira-kira apa yang menggerakkan ibu itu datang ke TPS?
- CINTA: cinta telah mengalahkan rasa sesak yang dideritanya.menghalau jauh rasa sakit dikakinya.
cinta apa? cinta pada anaknya,,cinta pada keluarganya,,cinta akan agamanya,,dan cinta akan tanah airnya..trus apa hubungannya dengan memilih?
karna mungkin beliau sadar bahwa satu suaranya akan sangat memengaruhi hasil pemilu ini.karna mungkin beliau sadar bahwa disetiap detik yang akan dilalui bangsa ini,akan sangat berpengaruh terhadap kehidupannya.
-HARAPAN: sedikit harapan akan membaiknya keadaan bangsa ini.harap akan munculnya sesosok pemimpin yang benar2 bisa memperjuangkan rakyatnya.bukan hanya seorang presiden,tetapi wakil2nya,para pejabat MPR,DPR,elit politik,,karna untuk menuju sebuah bangsa yang lebih baik juga dibutuhnya peran para legislatif yang TIDAK HANYA INGIN MEMPERKAYA DIRI SENDIRI.karna mungkin direlung hatinya,terbersit bahwa HARAPAN ITU MASIH ADA.
- RASA SYUKUR: Masih disampaikan usia untuk bisa berbuat bagi negeri ini.lebih jauh lagi,untuk kemaslahatan bersama.terlepas dari partai apa yang dipilih ibu itu,,Beliau sudah membuktikan bahwa beliau CARE terhadap keadaan bangsa ini.
lalu,DIMANA KITA? yang notabene sebagai seorang MAHASISWA YANG MASIH KUAT JIWANYA,RAGA MASIH BISA DIPAKAI BUAT MEMIKUL BEBAN,YANG BEBAS BERJALAN TANPA HARUS MERASAKAN SESAK,YANG MEMILIKI FIKIRAN TERASAH,YANG BERADA DIPUNCAK KEKUATAN,YANG DIBERIKAN KESEMPATAN UNTUK BELAJAR LEBIH LANJUT OLEH ALLAH DI PT,,YANG...(gak ada ide lg,,isi aja sendiri)
lalu MASA' KITA GAK BERBUAT APA-APA?
masih ingat saat aku ketemu dengan teman dan dia dengan entengnya bilang akan golput..hey,KAMU HIDUP DIMANA SIH? MASIH NGINJAK TANAH KAN? TERDAFTAR SEBAGAI WARGA NEGARA MANA?
LALU KENAPA MALAH SEDIKITPUN TIDAK BERUSAHA UNTUK MENGERTI AKAN KEADAAN NEGARA INI?
sumpah,,kecewa banget sama beliau.tapi masalahnya,ADA BANYAK MAHASISWA YANG SEPERTI ITU.
acuh tak acuh akan adanya pemilu skarang.HEY,,APAKAH DIRIMU YAKIN MASIH DIBERI KESEMPATAN UNTUK BISA BERPARTISIPASI LAGI DIPEMILU 2014?
Aio lah kawan,,ini kesempatan kita buat BERSYUKUR.atas kesempatan yang datang.kita masih beruntung,milih caleg tanpa dibayang2i desingan peluru.
ingat,INDONESIA INI NEGARA YANG PENDUDUKNYA BANYAK,,NEGARA YANG PENDUDUK MUSLIMNYA TERBANYAK DIDUNIA.jadi,apapun yang kita lakukan dan siapapun pemimpin yang terpilih nanti,akan sangat menentukan bagaimana nasib kita selanjutnya.
mungkin dirimu sudah melihat di tv,bagaimana panasnya berita tentang hasil penyontrengan hari ini.bagaimana,SUDAH PUASKAH DIRIMU AKAN HASILNYA?
[ sedikt crita,tadi tia juga gak bisa ikut menyontreng.karna a5ku gak ditrima.dan sangat banyak mahasiswa yang mngalami hal ini.INI BUKTI SULITNYA BIROKRASI DI INDONESIA(kt arfa).
GARDA PEMILU UNPAD,,BERJUANG,,PRJUANGKAN HAK MAHASISWA YANG MAU MILIH INI]
makanya,tadi aku kaitkan dengan BERSYUKUR.karna TIDAK SEMUA ORANG BISA MEMILIH,JADI MANFAATKANLAH ESEMPATAN YANG DIDAPATKAN.
tapi,masih belum terlambat kok.MASIH ADA PEMILU PRESIDEN,,
ayolah saudaraku,,mari kita berpartisipasi di pilpres yang akan datang.bagi saudara2ku yang bisa milih,gunakanlah hak pilihmu dan DO'AKAN KAMI YANG SKARANG BLUM BISA MILIH ini.
mari,sama-sama cintai INDONESIA,,
WALLAHUA’LAM

Tidak ada komentar:

Posting Komentar